Sumber Daya Manusia Sudah Disiapkan RGE Untuk Peningkatan Kualitas Industri Kelapa Sawit

Dalam hal peningkatan kualitas industri kelapa sawit, ada banyak hal yang sangat penting dilakukan. Salah satu hal penting yang perlu dilakukan selain bibit unggul yang penting disiapkan adalah mengenai kualitas dari sumber daya manusianya. Tentu seperti yang Anda tahu bahwa kualitas sumber daya manusia sangat penting dan sangat menentukan hasil dari sebuah proses produksi.

Tahu dan sadar akan hal tersebut, Royal Golden Eagle yang awalnya bernama Raja Garuda Mas dibawah kepemimpinan Sukanto Tanoto sangat menekankan bagaimana perihal peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan hasil berkualitas dari bibit industri kelapa sawit yang sudah ditanam. Dan salah satu langkah yang kemudian dilakukan adalah mendirikan AALI. Seperti apakah AALI sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia?

Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Tingkatkan Kualitas Industri Kelapa Sawit

AALI atau kependekan dari Asian Agri Learning Institute merupakan sebuah pusat pelatihan bagi lulusan universitas untuk menghasilkan sumber daya manusia terbaik yang punya kualitas bersaing secara global. Tentunya lulusan dari AALI diharapkan dapat menjadi lulusan yang punya dedikasi tinggi kepada perusahaan Asian Agri pada akhirnya.

Setiap tahunnya, AALI menerima kurang lebih 100 siswa lulusan terbaik dari berbagai universitas yang ada di Indonesia. Dengan cara penyaringan secermat dan sebaik mungkin diharapkan semua tujuan Asian Agri dalam menyaring dan menampung mahasiswa dengan dedikasi tinggi bisa diberikan. AALI bukan sebuah institusi yang baru berdiri. Melainkan AALI sudah berdiri sejak lama.

Pusat pelatihan AALI telah berdiri sejak 16 tahun yang lalu tepatnya pada  tanggal 5 Januari 2002. AALI berdiri dengan program pendidikan yang sudah menerapkan suatu sistem manajemen mutu ISO 9000 : 2008 yang juga sudah tersedia calon – calon planter yang handal dan siap dalam memberikan kontribusi pada tata kelola dan peningkatan kualitas serta tingkat produktivitas minyak kelapa sawit yang ada di Indonesia.

Memang pada dasarnya masih belum banyak suatu lembaga pelatihan kelapa sawit non universitas yang bisa memberikan akomodasi terbaik atas kemampuan anak – anak muda berbakat pada bidang perkebunan kelapa sawit khususnya tentu yang ada di Indonesia. Karena itu langkah Asian Agri yang selanjutnya dilakukan adalah menyiapkan sumber daya manusia terbaik dan berkualitas dengan AALI.

Sampai detik ini AALI telah menghasilkan lebih dari 1.620 lulusan terbaik yang saat ini sudah tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Memang kita harus akui bahwa pada dasarnya masih belum banyak lembaga pelatihan kelapa sawit atau lembaga non universitas yang mampu memberikan sebuah sentuhan akomodasi pada kemampuan anak – anak muda berbakat yang ada di bidang kebun kelapa sawit secara khusus yang ada di Indonesia. Dimana tentunya hal ini akan mendorong bagi Asian Agri untuk mampu membangun AALI agar dapat memberikan suatu bimbingan secara lebih intens dan impulsif tentang pengetahuan industri kelapa sawit kepada putra dan putri bangsa yang memiliki rasa ketertarikan untuk belajar mengenai industri kelapa sawit ini.

Arif Budiman yang merupakan salah satu lulusan terbaik dari AALI di tahun 2014 lalu sudah melewati berbagai macam proses pelatihan dan pendidikan dimana ia dipercaya untuk menjadi asisten afdeling di perkebunan yang dimiliki oleh Asian Agri yang ada di Kebun Pangkatan, Sumatra Utara. Ia punya tanggung jawab yang besar kepada kurang lebih sekitar 805 hektare perkebunan kelapa sawit yang ada disana. Tentu sebuah hal menarik yang perlu kita tiru karena apapun kemampuan kita jika diasah dan dimanajemen dengan sebaik mungkin maka akan berhasil dicapai.

 

Related Articles